Kegiatan bongkar muat curah di gudang

Saat ini sy kerja di perusahaan pupuk, kegiatan utama di import, distribusi, trading dan produksi pupuk. Berbagai macam pupuk yang menjadi komoditas yang diperjualbelikan. Kebanyakan pupuk diimport, indonesia hanya memiliki supply gas yang kemudian diproses menjadi urea. Ya, Indonesia punya pabrik urea yang bisa mencukupi kebutuhan nasional (jika diolah dengan benar).
Kembali ke topik ya… salah satu tahapan kerjaan yang sering dilakukan adalah bongkar muatan import dan memasukkan ke gudang. Biasanya pupuk masuk dalam bentuk curah, terutama untuk komoditas MOP/KCL, Phosrock, dan kadang Urea import. Yang paling sering 2 komoditas terdepan tadi. Untuk import, semakin banyak quantity importnya, biasanya akan dihitung semakin ekonomis biaya importnya. terutama biaya fixed costny spt perijinan. Tetapi untuk yg variabel-direct spt sewa gudang, biaya bongkar muat, dsb akan sangat bergantung dgn kuantitinya. Ditambah lagi dengan masalah demurrage/ despatch kapalnya.

Fokus ke satu hal, masalah bongkar di gudang. Untuk quantity import rata-rata 25.000 mt/ import, akan dibutuhkan peralatan besar yang menunjang penyelesaian bongkar supaya lebih cepat (biar dapet despatch hahahahaha), jadi saving plus bonus. Biasanya 2 bucket excavator + 2 loader akan di kerahkan untuk menghandle 1 kapal. Tapi y tergantung ukuran gudang yang di miliki. Jika 1 kapal itu bisa masuk di 1 lokasi gudang, maka penggunaan alat berat akan sangat efektif.

Barang di bongkar curah dan kemudian diangkut ke gudang dengan dump truck. Loader akan mengarahkan tumpukan pupuk curah ke posisi yang mudah dijangkau oleh excavator, dan excavator akan memindahkan puuk curah ke tumpukan di belakangnya. Semakin lama, tumpukan akan menjadi maskin tinggi. Dan seterusnya hingga kerjaan bongkar ini selesai. Biasanya target bongkaran sehari adalah 5000 mt/ hari, tapi dengan koordinasi yang baik, akan bisa diperoleh rate 7000 mt per hari, bahkan record tertinggi yang pernah ditembus adalah 11.000 mt/hari. Itu terjadi di Surabaya. Kecepatan bongkar ini sangat tergantung pada kondisi cuaca. jika hujan, otomatis kegiatan ini berhenti, karena palka kapal harus ditutup untuk menghindari loss karena rusaknya pupuk.
Berikut ini foto2 kegiatan di gudang..

Dump truck lagi bongkar muatan di gudang

Pupuk curah setelah dari dump truck

Excavator mulai beraksi..

Need a help.... loader is ready to go...

Loader bisa mbantuin sampai soorong ke dalem kok 😛

So, simple, tapi emg butuh koordinasi biar lancar dan g mis-komunikasi.. 🙂
Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s